Rabu, 23 Juli 2014

RPP IPS SMP KELAS 7 KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan   : SMP Negeri 5 Pati
Kelas/Semester        : VII/1
Mata Pelajaran         : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema                        : Keadaan alam dan aktivitas penduduk Indonesia.
Sub.Tema                : Letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam  Indonesia.
Sub – Sub Tema      :  Letak Astronomis dan Letak Geografis
Alokasi waktu           :  2 x  pertemuan ( 4  jam pelajaran )

A.  KOMPETENSI INTI
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. KOMPETENSI DASAR
1.3.Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusiadanlingkungannya.
2.1  Meniruperilaku jujur,disiplin bertanggung jawab, peduli,  Santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkanoleh tokoh-tokohpada masa hindu  Buddha  dan Islam dalam kehidupannya sekarang.
3.1  Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional sertaperubahandankeberlanjutankehidupanmanusia ( ekonomi, social, budaya, pendidikan dan politik).

Indikator:
1.    Siswa dapat menunjukkan letak astronomis wilayah Indonesia.
2.    Siswa dapat mengidentifikasi dampak/pengaruh letak astronomis wilayah Indonesia bagi keadaan alam Indonesia.
3.    Siswa dapat menunjukkan letak geografis wilayah Indonesia.
4.    Siswa dapat mengidentifikasi dampak/pengaruh letak geografis wilayah Indonesia bagi keadaan alam Indonesia.

4.1  Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa pra aksara, masa hindu Buddha dan masa Islam dalam aspekgeografis, ekonomi,  budaya dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang

Indikator :
1.    Siswa dapat menggali informasi tentang dampak/pengaruh letak astronomis wilayah Indonesia bagi keadaan alam Indonesia.
2.    Siswa dapat menggali informasi tentang dampak/pengaruh letak geografis wilayah Indonesia bagi keadaan alam Indonesia.
D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui tampilan peta, siswa dapat menunjukkan letak astronomis wilayah Indonesia dengan teliti.
2.      Melalui tampilan gambar hutan tropis, siswa dapat mengidentifikasi dampak/pengaruh letak astonomis bagi keadaan alam Indonesia.
3.      Melalui tampilan peta, siswa dapat menunjukkan letak geografis wilayah Indonesia dengan teliti.
4.      Melalui tampilan gambar peta, siswa dapat mengidentifikasi dampak/pengaruh letak geografis bagi keadaan alam Indonesia.
5.      Melalui kegiatan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa dapat menemukan dampak/pengaruh letak astronomis wilayah Indonesia bagi keadaan alam Indonesia dengan cermat.
6.      Melalui kegiatan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa dapat menemukan tentang dampak/pengaruh letak geografis wilayah Indonesia bagi keadaan alam Indonesia dengan cermat.
7.      Menunjukkan perilaku jujur, bertanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, menghargai, dan percaya diri.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.    Letak astronomis Indonesia
2.    Dampak/pengaruh letak astronomis bagi keadaan alam Indonesia
3.    Letak geografis Indonesia
4.    Dampak/pengaruh letak geografisbagi keadaan alam Indonesia

F.     METODE PEMBELAJARAN   
1.   Pendekatan   : Saintifik
2.   Model            : Discovery Learning
3.   Metode          : Diskusi

G.    MEDIA,ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.   Media                      : Peta konsep,Peta Indonesia, Gambar
2.   Alat/bahan             : Komputer/laptop,LCD,Powerpoint
3.   Sumber belajar       : 
·         Buku siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII SMP/MTs. Jakarta. Kementrian Pendidikan RI
·         LKS
·         Internet.

H.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 dan 2

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
a.       Persiapan psikis dan fisik,membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.      Guru menanyakan siswa yang tidak masuk
c.       Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
d.      Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
e.       Memberi motivasi siswa dengan menyanyikan lagu
Tanah Air,dilanjutkan dengan tanya jawab tentang lagu tersebut dihubungkan dengan keaadaan alam di Indonesia.


10’
Inti

60’

Mengamati
a.      Menayangkan Power Point tentang letak wilayah Indonesia
b.      Siswa mengamati dan menganalisa tayangan power point
Menanya
a.   Siswa merumuskan pertanyaan tentang pengertian  letak astronomis.
b.   Siswa merumuskan pertanyaan tentang dampak letak astronomis.
c.   Guru membagi kelas menjadi 8 kelompok. Siswa diminta untuk membaca buku siswa kemudian masing-masing kelompok diminta :
Kelompok I-IV:
·            Menjelaskan letak astronomis wilayah Indonesia
·            Mengidentifikasi dampak/pengaruh letak astronomis bagi keadaan alam Indonesia
Kelompok V-VIII:
·            Menjelaskan letak geografis wilayah Indonesia
·            Mengidentifikasi dampak/pengaruh letak geografisbagi keadaan alam Indonesia
Mengumpulkan informasi
Siswa mengumpulkan berbagai informasi dari berbagai sumber (buku yang relevan , internet, dll)
Mengasosiasi/mengolah informasi
Mengolah informasi yang didapat serta menuliskan hasil diskusi.
Mengkomunikasikan
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya melalui  presentasihasil diskusi tentang : letak astronomis wilayah Indonesia, letak geografis, dan dampak/pengaruh letak astronomis dan letak geografis bagi keadaan alam Indonesia.

Penutup
a.    Membuat kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan.
b.    Melakukan refleksi dengan pertanyaan lisan.
c.    Menyampaikan tugas/informasi untuk kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya
d.    Guru menutup pelajaran dengan do’a dan memberi salam
10’

I.    PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR(terlampir)
1.    Tes tulis             :  Bentuk Pilihan Ganda dan Uraian
2.    Unjuk kerja                  :
·         Penilaian pengetahuan
·         Penilaian keterampilan
3.    Penilaian sikap : 
·         Penilaian sikap spiritual
·         Penilaian diri (self assasment)
·         Penilain antarpeserta didik
·         Jurnal

J.   REMIDIAL  (terlampir)

K.  PENGAYAAN(terlampir)


L.  INTERAKSI DENGAN ORANG TUA(terlampir)


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 5 Pati



Sutarso, S.Pd.M.Pd.
NIP. 19590730 197903 1 002

Pati, 14 Juli 2014
Guru Mapel  IPS



Subandi Widada, S.Pd.
NIP. 19671130 200212 1 002

LAMPIRAN
A.   PETA KONSEP


 






mempengaruhi
 
                                                                       
Oval: Keadaan ekonomi, sosial dan budaya
 









B.                                                                                         B. SYAIR LAGU
TANAH AIRKU
Oleh: Ibu Sud
Tanah air..ku tidak kulupakan, Kan terkenang selama hidupku,
Biarpun saya pergi jauh, Tidakkan hilang dari kalbu
Tanahku yang kucintai...Engkau kuhargai
Walaupun banyak negeri kujalani, Yang masyur permai di kata orang
Tetapi kampung dan rumahku, Disanalah ku  mrasa senang
Tanahku tak kulupakan...Engkau kubanggakan

C.                                                                                         C. MATERI PEMBELAJARAN
1.        Letak astronomis Indonesia
Letak astronomis adalah letak suatu tempat berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya.Garis lintang adalah garis khayal yang melintang melingkari bumi.Garis bujur adalah garis khayal yang menghubungkan Kutub Utara dan Kutub Selatan.Secara astronomis, Indonesia terletak antara 95o BT – 141o BT dan 6o LU – 11o LS.Dengan letak astronomis tersebut, Indonesia termasuk ke dalam wilayah tropis.Wilayah tropis dibatasi oleh lintang 23,5o LU dan 23,5o LS.Perhatikanlah batas wilayah tropis dan letak astronomis Indonesia pada peta berikut ini.Benarkah Indonesia terletak di wilayah tropis?

                      Gambar Letak Astronomis Wilayah Indonesia
2.    Keadaan iklim di indonesia
Kamu patut bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa karena tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia.Sinar matahari selalu ada sepanjang tahun dan suhu udara tidak ekstrim (tidak jauh berbeda antarmusim) sehingga masih cukup nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan di dalam dan di luar rumah. Lama siang dan malam juga hampir sama, yaitu 12 jam siang dan 12 jam malam. Bandingkan dengan negara-negara yang terletak di lintang tinggi.Pada musim panas, lama siang jauh lebih lama dibandingkan dengan malam.Sebaliknya, pada musim dingin, lama siang lebih pendek.
3.    Keunggulan iklim di Indonesia, terdapat 2 musim yaitu musim hujan dan musim kemarau yang berganti setiap 6 bulan sekali.
4.   Akibat dari keunggulan iklim muson tropis terhadap kehidupan masyarakat Indonesia :
a.  Musim hujan di Indonesia
1)     Pada musim hujan, petani di Indonesia mulai mengerjakan lahannya untuk bercocok tanam. Jenis tanaman yang ditanam adalah tanaman yang membutuhkan air pada awal pertumbuhannya, seperti padi.
2)     Nelayan mengurangi kegiatan melaut karena biasanya pada musim hujan sering terjadi cuaca buruk dan gelombang laut cukup besar sehingga membahayakan mereka. Ikan juga sulit ditangkap sehingga harga ikan menjadi mahal.

b.  Musin kemarau di Indonesia
1)    Sebagian petani terpaksa membiarkan lahannya tidak ditanami, karena tidak mendapat pasokan air. Sebagian lainnya masih dapat bercocok tanam dengan memanfaatkan air sungai, saluran irigasi atau suber air buatan. Ada juga petani yang memilih menanam tanaman yang tidak banyak membutuhkan air.
2)    Nelayan mencari ikan di laut tanpa terganggu hujan, sehingga hasil tangkapan maksimum, sehingga harga ikan lebih murah.

Gambar aktivitas penduduk Indonesia
http://riskanurdianahblog.files.wordpress.com/2012/12/teh.png?w=473&h=277
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_C2slJm1umgFgXjrVHcqg1Dhp6P3DlMjuOJh8JC-yzkyDD7s5h6xn9NugoGc0he2qtG0wJPNZ6PpXSvykMGYnZYh07bsOKDQ51yZrGIaCvMKcUqCALSwGAGBF9FBg-rTI7Zg0w8WNJug/s400/sumber+daya+alam2.jpghttp://sainsituasyik.files.wordpress.com/2013/03/jenis-jenis-sumber-daya-alam.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTgLVMPnSismAWfyltFCLpnoPq9j_j5jk__ZNXzJhTMNXl68Xnl49vIzFOYX1Tysv8hUKf6H-C2pQwwaiyopV5nXxItGDnkdOqGMkeoLzI-neAcIrNaWw60R0XLIZTilJcLoBqFB3Cwvc/s320/kambing.jpghttp://cdn.bisnisukm.com/2011/01/ilustrasi-potensi-bisnis-ikan1.jpg
Sumber :http://google.com 23-05-2014

D.        LEMBAR KEGIATAN SISWA

1.    Judul                    : Letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia
2.    Mata Pelajaran    : IPS
3.    Kelas/Semester   : VII/1
4.    Waktu                  : 25 Menit
5.    Petunjuk Belajar  :
a.    Bacalah secara cermat sebelum mengerjakan
b.    Pelajari materi IPS, carilah materi tentang Letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam IndonesiaKerjakan sesuai dengan langkah-langkah yang diberikan oleh guru.
c.    Kerjakan dengan cara berdiskusi.
d.    Konsultasikan dengan guru apabila terjadi kesulitan.
6.    Tujuan yang akan dicapai
Dalam kegiatan ini kamu dapat
·            Menjelaskan letak astronomis wilayah Indonesia
·            Dampak/pengaruh letak astronomis bagi keadaan alam Indonesia
·            Menjelaskan letak geografis wilayah Indonesia
·            Dampak/pengaruh letak geografisbagi keadaan alam Indonesia
Informasi
Bacalah materi yang berhubungan dengan Letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia.Tugas dan langkah kerja:
1.    Bukalah materi yang berhubungan dengan Letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia
2.    Bacalah hasil kerja kelompokmu untuk membantu menjawab pertanyaan yang ada. Berdasarkan wacana yang ada jawablah pertanyaan berikut :

Kelompok I-IV:
-          Jelaskan letak astronomis Indonesia
-          Identifikasikan dampak/pengaruh letak astronomis bagi keadaan alam Indonesia
Kelompok V-VIII
-          Jelaskan letak geografis wilayah Indonesia
-          Identifikasikandampak/pengaruh letak geografisbagi keadaan alam Indonesia

3.    Laporkan hasil diskusimu secara tertulis
4.    Presentasiakan hasil didskusi kelompok di depan kelas

E.     PENILAIAN
Format:
  Identitas Materi
Kompetensi Dasar
:
1.3.  Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan
      waktudengansegalaperubahannya.
2.1.  Menghargai ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan  sosial, budaya, ekonomidanpolitikdalammasyarakat
3.1.  Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
4.1.  Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi,  budaya dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang

Topik/Materi
:
Keadaan alam dan aktivitas penduduk Indonesia
Sub Topik/Sub Materi
:
Letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia

a.    Instrumen Penilaian Sikap
Indikator:
a.       Siswa menunjukkan sikap menghayati ajaran agam yang dianutnya.
b.      Siswa menunjukkan sikap kritis, teliti, responsif, tanggungjawab, dan tidak mudah meneyerah dalam penyelesaian tugas.
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
       kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Siswa   : ………………….
Kelas               : ………………….
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan  pendapat / presentasi




4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan sosial




Jumlah Skor






Lembar Pengamatan Sikap
Tanggal Pengamatan : …………………..

Kelas                           : ……………………….
Hari, tanggal                : ……………………….
Materi Pokok              : ……………………….


No.


Nama Siswa
Sikap


Keterangan
Kritis
Teliiti
Responsif
Tanggung jawab
Tidak mudah menyerah
1







2







3







...







25







Keterangan penskoran:
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3= apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap,dan kadang- kadang tidak sesuai aspek sikap.
2=apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek dan sering tidak sesuai aspek sikap.
1= apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
a.    Penilaian Diri
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama Peserta Didik   :           ………………….
Kelas                           :           ………………….
Materi Pokok              :           ………………….
Tanggal                       :           ………………….
PETUNJUK
          Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
          berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan
2
Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas
3
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang
4
Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan
5
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain
Keterangan :
          SL = Selalu  , apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
          SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
          KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
          TP  = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

b.    Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Sikap Disiplin
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
                   kadang-kadang tidak melakukan
            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
                   sering tidak melakukan
            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik yang dinilai        : ………………….
Kelas                                                   : ………………….
Tanggal Pengamatan                         : …………………..
Materi Pokok                                      : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Masuk kelas tepat waktu
2
Mengumpulkan tugas tepat waktu
3
Memakai seragam sesuai tata tertib
4
Mengerjakan tugas yang diberikan
5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
5
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran
Jumlah Skor
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik    : apabila memperoleh skor  A – dan A
Baik                 : apabila memperoleh skor  B - , B, dan B +
Cukup                         : apabila memperoleh skor  C -, C, dan C +
Kurang            : apabila memperoleh skor  D dan D +


c.    Jurnal
Jurnal
Nama         : ……………….
Kelas         : ……………….
Hari, tanggal
Kejadian
Keterangan






1.    Instrumen Penilaian Pengetahuan
Indikator :              
1.    Siswa dapat menunjukkan letak astronomis wilayah Indonesia.
2.    Siswa dapat mengidentifikasi dampak/pengaruh letak astronomis wilayah Indonesia bagi keadaan alam Indonesia.
3.    Siswa dapat menunjukkan letak geografis wilayah Indonesia.
4.    Siswa dapat mengidentifikasi dampak/pengaruh letak geografis wilayah Indonesia bagi keadaan alam Indonesia.

a.    Tes Tertulis

I.      Pilihan Ganda
1. Wilayah Indonesia berada diantara dua benua dan dua samudra. Hal ini menjukkan
  letak...
a. wilayah                                         b. Geografis
c.geologis                                         c.astronomis
2.Ciri iklim tropis di wilayah indonesia sebagai berikut kecuali...
a.Lama siang dan malam            b.ditumbuhi berbagai jenis hutan
c.kelembaban udara tinggi         d.curah hujan tinggi
3.keuntungan yang diperoleh dari letak geografis adalah..
a. Indonesia memiliki dua jenis musim        b. Indonesia dilalui jalur lalu lintas dunia
c. Angin topan jarang terjadi di Indonesia    d. Hutan di Indonesia hijau sepanjang tahun
4.Gerak semu matahari diwilayah indonesia berpengaruh pada...
a. Pergantian siang dan malam                      b. Persebaran flora dan fauna
c. Pembentukan iklim tropis                            d.Persebaran jenis tanah
5. Perhatikan wilayah-wilayah berikut ini
1.Jawa Timur                                4.Kalimantan Barat
2. Sumatra Selatan                      5.Sulawesi Utara
3.Kalimantan Timur
Wilayah yang termasuk dalam zona waktu Indonesia Barat ditunjukkan oleh no....
a. 1,2 dan 3                      b. 1,2 dan 4
         c. 2,3 dan 4                     d. 3,4,dan5

II.            Uraian

No
Butir pertanyaan
1
Dimanakah letak astronomis Indonesia?
2
Dimanakah letak geografis Indonesia?
3
Jelaskan keuntungan letak astronomis negara Indonesia!
4
Jelaskan dampak positif dari letak geografis Indonesia!
5
Jelaskan pengaruh garis bujur Indonesia!
Kunci Jawab:
I.
1.    B
2.    A
3.    B
4.    A
5.    B
II.
1.         Secara astronomis, Indonesia terletak antara 6o LU – 11o LSdan 95o BT – 141oBT .
2.         Secara geografis, Indonesia terletak diantara dua benua (Asia dan Australia) dan dua samudra (samudra Pasifik dan Atlantik).
3.         Indonesia beriklim tropis.
4.         Jalur strategis perdagangan dunia, dilalui angin muson, keragaman kultur di Indonesia.
5.         Indonesia memiliki tiga daerah waktu (WIB, WITA dan WIT).
b.    Tes Penugasan
Gambarlah peta Indonesia beserta garis lintang dan garis bujur dilengkapi dengan batas wilayah. 

Keterangan:
Soal pilihan ganda: tiap nomor diberi skor 1
Soal uraian           : tiap nomor diberi skor 5
Tes penugasan     : maksimal skor penugasan 70
Maka, nilai pengetahuan: soal pilihan ganda + soal uraian
                          10


PENILAIAN KETRAMPILAN
Indikator:
1.      Siswa dapat menggali informasi tentang dampak/pengaruh letak astronomis wilayah Indonesia bagi keadaan alam Indonesia.
2.      Siswa dapat menggali informasi tentang dampak/pengaruh letak geografis wilayah Indonesia bagi keadaan alam Indonesia.


Rubrik penilaian ketrampilan (presentasi)
No
Nama peserta didik
Kemampuan presentasi
Kemempuan berargumentasi
Kemampuan menjawab
Penguasaan materi
Jumlah nilai
1 -4
1 – 4
1 - 4
1 – 4
1.






2.






3.






4.






5.






6.






7.






8.






9.






10.








Keterangan :
1.    Skor rentang antara 1 – 4
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = amat baik
2.    Nilai = jumlah nilai di bagi 4

RUBRIK PENILAIAN KETRAMPILAN ( Diskusi)
No.
Nama Peserta didik
Pemahaman materi
Kemampuan mengemukakan Pendapat

Berkontribusi
Kemampuan menerima pendapat teman
Jumlah nilai
1 – 4
1 – 4
1 - 4
1 – 4
1.






2.






3.






4.






5.






6.






7.






8.






9.






10.






Keterangan :
1.    Skor 1 – 4
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = amat baik
2.    Nilai = Jumlah skor di bagi 4

F.    REMIDIAL
Remedial dapat dilakukan dengan alternatif sebagai berikut:
1.      Pemberian bimbingan secara khusus dan perorangan bagi peserta yang mengalami kesulitan atau yang tidak mencapai KKM.
2.      Pemberian tugas-tugas atau perlakuan khusus, baik dipandu langsung oleh guru atau tutor sebaya.
3.      Pemberian tes ulang penyederhanaan.
G.   PENGAYAAN
Pengayaan dilaksanakan sebagai tindak lanjut analisis hasil penilaian. Peserta didik diminta membuat Peta Indonesia, lengkapilah dengan garis yang menunjukkan batas waktu di Indonesia, meliputi: Waktu Indonesia Bagian Barat, Tengah dan Timur.

H.   INTERAKSI DENGAN ORANG TUA
Lembar Monitoring Orang Tua
No
Hari dan tanggal
Tema, sub tema, sub sub tema
Judul tugas
Tanda tangan
Orang tua
Guru
1.





2.





3 dst.








Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 5 Pati



Sutarso, S.Pd.M.Pd.
NIP. 19590730 197903 1 002

Pati, 14 Juli 2014
Guru Mapel  IPS



Subandi Widada, S.Pd.
NIP. 19671130 200212 1 002













OH .. SERTIFIKASIKU

TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU

Enaknya menjadi guru sekarang…. Penghasilannya naik 100 persen, karena ada tunjangan sertifikasi. Tetapi … apakah peningkatan penghasilan guru ini berbanding lurus dengan kinerja guru. Nanti dulu….. Ternyata dibalik itu semua tunjangan sertifikasi berdampak negative terhadap keikhlasan guru dalam melaksanakan tugas.

Banyak hari-hari dilewati dengan perbincangan masalah tunjangan sertifikasi. Apalagi kalau tunjangan sertifikasinya tersendat pencairannya, seperti kekurangan dua bulan pada tahun 2012 lalu, walaupun beberapa hari yang lalu sudah keluar.

Hal ini sedikit banyak mempengaruhi semangat kerja para guru. Betapa tidak, guru sekarang lebih banyak memperbincangkan tunjangan sertifikasi dari pada peningkatan kinerja guru.

Guru sekarang masih banyak diributkan tunjangan mereka yang ndak turun2…mikir yang lain kayaknya ogah…apalagi peningkatan kulitas diri dalam kompetensi pendidikan…tambah ogah. Apa yang salah…ya. Mendapatkan tunjangan yang lebih…kok mutu pendidikan di Indonesia tambah merosot. Kayaknya ada pergeseran paradikma seorang guru. Model guru Umar Bakri sudah terkikis…diganti dengan materialistis. Dana sertikfikasi 90 % lebih banyak diperuntukkan kepentingan pribadi/keluarga, sisanya baru diperuntukkan untuk peningkatan mutu…itu kalo ada sisa. Apa betul seperti itu?