KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menghargai karunia
Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.
1.2
Menghargai ajaran
agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan
mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam
masyarakat.
1.3
Menghargai karunia
Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
|
|||||
2.1
Meniru
perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri
2.2
sebagaimana
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa hindu Buddha dan Islam dalam
kehidupannya sekarang.
2.3
Menunjukkan
perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggungjawab terhadap
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik.
2.4
Menunjukkan
perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan
teman sebaya.
|
|||||
3.1
Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam
lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).
4.1
Menyajikan
hasil telaah aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam
lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).
|
Kepulauan Indonesia
1)
Proses terbentuknya kepulauan Indonesia
2)
Letak
wilayah Indonesia
3)
Keadaan
alam Indonesia
4)
Potensi
sumberdaya alam daratan dan perairan Indonesia.
5)
Pengaruh
kondisi geografis terhadap kehidupan manusia (sosial, ekonomi, budaya,
pendidikan, dan politik).
6)
Pengaruh
perubahan berbagai aspek kehidupan terhadap kehidupan ekonomi, sosial,
budaya, geografi, pendidikan, dan
politik di masyarakat.
|
Mengamati:
·
Membaca
buku tentang proses terbentuknya kepulauan Indonesia.
·
Mengamati
Peta Indonesia, lingkungan
alam, dan masyarakat sekitar , membaca buku paket /ensiklopedia Indonesia tentang letak wilayah, keadaan alam, potensi sumberdaya alam Indonesia, pengaruh kondisi geografis terhadap kehidupan manusia
(sosial, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik) dan pengaruh perubahan berbagai aspek terhadap kondisi
ekonomi, sosial, budaya, geografi, pendidikan, politik, dll.
Mempertanyakan
tentang:
· Bagaimana proses terbentuknya kepulauan Indonesia.
· Apa pengaruh kondisi geografis terhadap kehidupan
manusia (sosial, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik)
·
Apa pengaruh perubahan berbagai aspek kehidupan terhadap
kondisi ekonomi, sosial, budaya,
geografi, pendidikan, politik, dll.
Mengumpulkan:
Mengumpulkan data dan informasi lanjutan terkait dengan hasil pengamatan dan
pertanyaan tentang materi yang dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan dan
berbagai media cetak/elektronik.
Mengasosiasikan:
Menganalisis informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait
untuk mendapatkan kesimpulan letak wilayah, keadaan alam, potensi sumberdaya alam Indonesia, pengaruh kondisi
geografis terhadap kehidupan manusia (sosial, ekonomi, budaya, pendidikan,
dan politik), dan pengaruhnya terhadap
kondisi ekonomi, sosial, budaya, geografi, pendidikan, politik, dll.
Mengomunikasikan:
Melaporkan hasil analisis tentang letak wilayah, keadaan alam, serta potensi sumberdaya alam Indonesia , pengaruh kondisi
geografis terhadap kehidupan manusia (sosial, ekonomi, budaya, pendidikan,
dan politik), dan pengaruhnya terhadap
kondisi ekonomi, sosial, budaya, geografi, pendidikan, politik, dll. melalui kegiatan presentasi di
depan kelas, tulisan dalam bentuk makalah atau tulisan di majalah dinding
sekolah.
|
Tugas Individu
Membuat Peta Indonesia/ Peta Persebaran Flora dan Fauna di
Indonesia/ Peta hasil tambang Indonesia/Peta Iklim Indonesia/dll.
Tugas kelompok
Membuat klipping tentang pengaruh perubahan berbagai aspek
kehidupan terhadap kondisi ekonomi,
sosial, budaya, geografi, pendidikan, politik, dll.
Observasi
Menilai kegiatan peserta didik selama proses pembelajaran
(pada saat melakukan pengamatan, berdiskusi, presentasi).
Portofolio
Menilai tugas-tugas/ laporan
yang dibuat peserta didik.
Tes (tulis/lisan)
Untuk menilai kemampuan peserta
didik dalam memahami konsep.
|
10 mg x 4
jp
|
·
Peta
Indonesia
·
Atlas
Indonesia
·
Buku IPS
untuk SMP/Mts kls VII BSE
·
Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
·
Media
cetak/elektronik
·
Lingkungan
sekitar
|
3.2
Memahami
perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha dan
masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik.
4.2
Menyajikan
hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara,
masa Hindu Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan
politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.
|
Asal-Usul Bangsa Indonesia
1)
Pola
kehidupan dan kebudayaan pada masa pra
aksara.
2)
Perkembangan
dan proses masuknya pengaruh Hindu,
Buddha, dan Islam di Indonesia, serta
berbagai peninggalannya.
3)
Perubahan masyarakat
Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu, Buddha dan masa Islam dalam aspek
geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik.
|
Mengamati:
·
Membaca buku, mengamati gambar/peta tentang pola
kehidupan dan kebudayaan pada masa pra aksara.
·
Membaca buku, mengamati gambar/peta tentang perkembangan, proses masuknya, dan pengaruh Hindu, Buddha, dan Islam di Indonesia, serta berbagai peninggalannya.
Mempertanyakan
tentang:
·
Bagaimana
pola kehidupan dan kebudayaan pada
masa praaksara.
·
Bagaimana
perkembangan dan proses masuknya
pengaruh Hindu, Buddha, dan Islam di Indonesia.
·
Apa saja peninggalan kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam
di Indonesia.
·
Perubahan
apa saja yang terjadi pada masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa
Hindu Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
pendidikan, dan politik.
Mengumpulkan:
·
Mengamati
gambar pada klipping yang telah dibuat peserta didik tentang berbagai
kebudayaan pada masa pra aksara, peninggalan-peninggalan kerajaan Hindu,
Buddha, dan Islam di Indonesia.
·
Mengamati
peta penyebaran agama Hindu, Buddha, dan islam di Indonesia.
·
Mengamati
peta persebaran berbagai peninggalan
kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam di Indonesia.
·
Mengidentifikasi
hasil-hasil kebudayaan dan fikiran
masyarakat Indonesia pada masa pra aksara, masa Hindu Buddha dan masa
Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik yang masih hidup
dalam masyarakat sekarang.
Mengasosiasikan:
·
Mendiskusikan hasil-hasil kebudayaan dan fikiran
masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu, Buddha, dan masa
Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik yang masih hidup
dalam masyarakat sekarang.
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
·
Memajang klipping di perpustakaan.
|
Tugas Individu
Membuat Peta Indonesia/ Peta Persebaran Flora dan Fauna Di
Indonesia/ Peta Hasil Tambang Indonesia/Peta Iklim Indonesia/dll.
Tugas kelompok
Membuat klipping berbagai kebudayaan pada masa pra aksara,
peninggalan-peninggalan kerajaan Hindu-Buddha, dan Islam di
Indonesia.
Observasi
Menilai kegiatan peserta didik selama proses pembelajaran
(pada saat melakukan pengamatan, berdiskusi, presentasi).
Portofolio
Menilai tugas-tugas/laporan yang
dibuat peserta didik.
Tes (tulis/lisan)
Untuk menilai kemampuan peserta
didik dalam memahami konsep.
|
7 mg x 4
jp
|
·
Atlas
Sejarah Indonesia
·
Buku IPS
untuk SMP/MTs kls VII BSE
·
Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
·
Media
cetak/elektronik
·
Gambar-gambar
peninggalan pada masa pra aksara, kerajaan
Hindu, Buddha, dan Islam.
|
3.3
Memahami
jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat.
4.3
Menghasilkan
gagasan kreatif untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar.
|
Kelembagaan Sosial
1)
Pengertian
kelembagaan sosial.
2)
Ciri-ciri
kelembagaan sosial.
3)
Jenis-jenis
kelembagaan sosial (sosial, budaya, ekonomi dan politik).
|
Mengamati:
Mengamati
lingkungan masyarakat
sekitar, membaca buku paket/
ensiklopedia Indonesia, tentang pengertian dan jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan
politik dalam masyarakat.
Mempertanyakan
tentang:
Kelembagaan sosial apa saja yang ada
di masyarakat ?
Mengumpulkan:
Mengamati lingkungan sekitar, membaca buku
teks/referensi maupun browsing internet untuk mendapatkan
informasi lanjutan tentang jenis-jenis kelembagaan sosial.
Mengasosiasikan:
Menganalisis informasi dan data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait
untuk mendapatkan kesimpulan.
Mengomunikasikan:
Melaporkan hasil analisis tentang jenis-jenis kelembagaan sosial melalui kegiatan presentasi di
depan kelas, tulisan dalam bentuk makalah atau tulisan di majalah dinding
sekolah.
|
Tugas individu:
Membuat peta konsep tentang jenis-jenis kelembagaan
sosial.
Observasi:
Menilai kegiatan peserta didik selama proses pembelajaran
(pada saat melakukan pengamatan, berdiskusi, presentasi).
Portofolio:
Menilai tugas-tugas/laporan yang
dibuat peserta didik.
Tes (tulis/lisan):
Untuk menilai kemampuan peserta
didik dalam memahami konsep.
|
6 mg x 4 jp
|
·
Buku IPS
untuk SMP/MTs kls VII BSE
·
Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
·
Internet
·
Media
cetak/elektronik
·
Lingkungan
sekitar.
|
3.4
Memahami
pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya,
dan ekonomi.
4.4
Mengobservasi
dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di
lingkungan masyarakat sekitar.
|
Dinamika Interaksi Manusia
1)
Pengertian
dinamika interaksi manusia dengan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
2)
Bentuk-bentuk
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
|
Mengamati :
Mengamati Peta Indonesia, lingkungan alam dan masyarakat
sekitar, membaca buku
paket/ensiklopedia Indonesia, tentang pengertian dan bentuk-bentuk
dinamika interaksi manusia dengan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
Mempertanyakan
tentang:
Contoh bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi yang ada di masyarakat.
Mengumpulkan data:
Mengamati lingkungan sekitar, membaca buku
teks/referensi maupun browsing internet untuk menemukan
contoh bentuk-bentuk interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi yang ada di masyarakat sekitar.
Mengasosiasikan:
Menganalisis data yang didapat untuk mendapatkan kesimpulan.
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil di depan kelas,
tulisan dalam bentuk makalah atau tulisan di majalah dinding sekolah.
|
Tugas Kelompok:
Membuat Peta Kepadatan Penduduk Indonesia berdasarkan data
dari BPS.
Observasi:
Menilai kegiatan peserta didik selama proses pembelajaran
(pada saat melakukan pengamatan, berdiskusi, presentasi).
Portofolio:
Menilai tugas-tugas/laporan yang
dibuat peserta didik.
Tes (tulis/lisan):
Untuk menilai kemampuan peserta
didik dalam memahami konsep.
|
12 mg x 4 jp
|
·
Peta
Indonesia
·
Peta
Sejarah
·
Atlas
Indonesia
·
Buku IPS
untuk SMP/MTs kls VII BSE
·
Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
·
Media
cetak/elektronik
·
Lingkungan
sekitar.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Instrumen Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menghayati
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2
Menghayati
ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan
mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat.
1.3
Menghayati
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
|
|||||
2.1
Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggungjawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan dan gerakan kebangsaan
dalam menumbuhkan rasa kebangsaan.
2.2
Berperilaku
jujur, sopan, estetikadan memiliki motivasi internal ketika berhubungan
dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik.
2.3
Menunjukkan
perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi
penanggulangan permasalahan lingkungan hidup.
|
|||||
3.1
Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan, dan politik).
4.1 Menyajikan hasil telaah aspek keruangan
dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan
dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik) di lingkungan sekitar.
|
Permasalahan kependudukan, lingkungan,
dan dampaknya terhadap pembangunan nasional.
1)
Permasalahan
kependudukan dan lingkungan hidup
2)
Dampak permasalahan kependudukan dan lingkungan
hidup terhadap pembangunan nasional
3)
Cara
mencegah dan mengatasi permasalahan
kependudukan dan lingkungan hidup
|
Mengamati:
Membaca dan menyimak buku teks tentang permasalahan kependudukan
dan lingkungan, dampaknya terhadap
pembangunan nasional, dan cara
mencegah serta mengatasinya (ekonomi,
sosial, budaya, pendidikan, dan politik).
Mempertanyakan:
Berdiskusi untuk
mendapatkan klarifikasi tentang permasalahan kependudukan, lingkungan, dan
dampaknya terhadap pembangunan nasional perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan, dan politik).
Mengumpulkan:
Mengumpulkan data terkait dengan
pertanyaan dan materi yang dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan yang
relevan maupun browsing internet.
Mengasosiasikan:
Menganalisis informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait
untuk mendapatkan kesimpulan
bagaimana mempelajari perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik).
Mengomunikasikan:
Mengkomunikasikan hasil konseptualisasi
dalam bentuk lisan dan tulisan tentang permasalahan kependudukan, lingkungan,
dan dampaknya terhadap pembangunan nasional dalam mempelajari perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik).
|
Observasi:
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi)
Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.
Tes
tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.
.
|
8 mg x 4 jp
|
·
Buku IPS untuk SMP/Mts kls VIII BSE
·
Buku IPS untuk Kls VIII SMP Grafindo
·
Buku Panduan pendidik IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kls VIII JP BOOKS
·
Referensi lain yang sesuai.
·
Media cetak/ elektronik
|
3.2
Mendeskripsikan perubahan
masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan
serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan
politik.
4.2
Menyajikan
hasil olahan telaah tentang peninggalan kebudayaan dan pikiran masyarakat
Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek
geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik yang ada di lingkungan
sekitarnya.
|
Proses terbentuknya NKRI
1.
Pengaruh
kolonialisme dan
2.
bidang
politik, ekonomi, sosial, budaya, dan geografi.
3.
Terbentuknya
kesadaran nasional.
4.
Zaman
pendudukan Jepang di Indonesia.
5.
Peristiwa
Proklamasi Kemerdekaan RI.
|
Mengamati:
Membaca buku teks tentang pengaruh kolonialisme dan
imperialisme Barat di Indonesia, perubahan masyarakat Indonesia pada masa
penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek
geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik, serta terbentuknya kesadaran nasional, usaha mempersiapkan
kemerdekaan.
Mempertanyakan:
Bertanya dan berdiskusi
tentang perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi,
budaya, pendidikan dan politik, serta peristiwa proklamasi kemerdekaan.
Mengumpulkan:
Mengumpulkan data terkait dengan pertanyaan dan materi
yang dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan yang relevan maupun browsing
internet.
Mengasosiasikan:
Menganalisis
informasi dan data-data yang didapat
baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait
untuk mendapatkan kesimpulan
bagaimana perubahan masyarakat
Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta
perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik.
Mengomunikasikan:
Mengkomunikasikan hasil konseptualisasi dalam bentuk
lisan dan tulisan tentang perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan
dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis,
ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik.
|
Observasi:
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi).
Portofolio
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.
Tes
tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.
|
8 mg x 4
jp
|
·
Buku IPS
untuk SMP/Mts kls VIII BSE
·
Buku IPS
untuk Kls VIII SMP Grafindo
·
Buku
Panduan pendidik IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kls VIII JP BOOKS
·
Referensi
lain yang sesuai.
·
Media
cetak/ elektronik
|
3.3.
Mendiskripsikan
fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat.
4.3.
Menggunakan
berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi dan peran
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat
sekitar.
|
Penyimpangan Sosial
1)
Pengertian
penyimpangan sosial
2)
Jenis
penyimpangan sosial
3)
Faktor-faktor
penyebab timbulnya penyimpangan sosial
4)
Peranan
dan fungsi kelembagaan sosial di masyarakat (sosial, budaya, ekonomi dan
politik)
5)
Strategi
untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi
dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
|
Mengamati:
·
Membaca buku
teks dan/referensi lain tentang pengertian, jenis, faktor-faktor penyebab
timbulnya penyimpangan sosial, dan fungsi serta peran kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat.
·
Mengamati
lingkungan sekitar tentang jenis, faktor-faktor penyebab timbulnya
penyimpangan sosial, dan fungsi serta peran kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi, dan politik dalam masyarakat.
Mempertanyakan tentang:
·
Apa fungsi
dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat?
·
Strategi
apa saja yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan
fungsi dan peran kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar?
Mengumpulkan:
Mengumpulkan data tentang
fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat dan berbagai strategi apa
saja yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan
fungsi dan peran kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar dengan membaca
buku teks, dll. yang relevan maupun dengan melakukan browsing internet.
Mengasosiasikan:
Menganalisis
informasi dan data yang didapat
baik dari bacaan maupun dari
sumber-sumber terkait untuk mendapatkan kesimpulan.
Mengomunikasikan:
Mengkomunikasikan hasil konseptualisasi tentang fungsi
dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat dan berbagai strategi apa
saja yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan
fungsi dan peran kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat dalam bentuk lisan dan
tulisan.
|
Tugas
kelompok:
Membuat klipping tentang jenis-jenis
penyimpangan sosial di masyarakat, kemudian menganalisis faktor-penyebab
timbulnya, dan peran kelembagaan sosial dalam mengatasinya.
Observasi:
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi).
Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.
Tes
tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.
|
9 mg x 4
jp
|
·
Buku IPS
untuk SMP/MTs kls VIII BSE
·
Buku IPS
untuk Kls VIII SMP Grafindo
·
Buku
Panduan pendidik IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kls VIII JP BOOKS
·
Referensi
lain yang sesuai.
·
Media
cetak/ elektronik
|
3.4.
Mendeskripsikan
bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi.
4.4.
Menyajikan hasil pengamatan
tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan
alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
|
Interaksi Manusia
dengan Lingkungan Alam, Sosial, Budaya, dan Ekonomi.
1)
Bentuk-bentuk
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, dan ekonomi
2)
Permasalahan
yang timbul akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, dan
ekonomi
3)
Faktor
penyebab timbulnya permasalahan akibat interaksi manusia dengan lingkungan
alam, sosial, dan ekonomi
4)
Cara
mencegah dan mengatasi permasalahan yang timbul akibat interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, dan ekonomi
|
Mengamati:
Membaca
buku teks dan/referensi lain yang relevan tentang bentuk-bentuk interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi, permasalahan yang
timbul, faktor penyebab timbulnya permasalahan, cara pencegahan, dan cara
mengatasinya.
Mempertanyakan
tentang:
·
Apa saja
permasalahan yang timbul akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, dan ekonomi.
· Faktor penyebab timbulnya permasalahan akibat
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi, cara pencegahan, dan mengatasinya.
Mengumpulkan:
Mencari informasi dari lingkungan sekitar/media cetak/elektronik
tentang berbagai masalah yang timbul di lingkungan sekitar akibat interaksi
manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi, menganalisis
faktor penyebab timbulnya, cara mencegah dan mengatasinya.
Mengasosiasikan:
Berdiskusi untuk menganalisis berbagai masalah yang
timbul di lingkungan sekitar akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi, menganalisis faktor penyebab timbulnya, cara
mencegah dan mengatasinya.
Mengomunikasikan:
Mengkomunikasikan hasil konseptualisasi tentang interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam bentuk lisan
dan tulisan.
|
Tugas
kelompok:
Mencari informasi dari lingkungan sekitar/media
cetak/elektronik tentang masalah yang timbul di lingkungan sekitar akibat
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi,
menganalisis faktor penyebab timbulnya, cara mencegah dan mengatasinya.
Observasi:
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi).
Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.
Tes
tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.
|
10 mg x 4 jp
|
·
Buku IPS
untuk SMP/Mts kls VIII BSE
·
Buku IPS
untuk Kls VIII SMP Grafindo
·
Buku
Panduan pendidik IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kls VIII JP BOOKS
·
Referensi
lain yang sesuai.
·
Media
cetak/ elektronik
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Mensyukuri
karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia
untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik.
1.2
Mensyukuri
adanya kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat yang mengatur kehidupan
manusia dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia.
Mensyukuri karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusia
dan lingkungannya.
|
|||||
2.1
Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai
perwujudan rasa nasionalisme.
2.2
Memiliki kepedulian dan penghargaan
terhadaplembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik.
Memiliki rasa tanggungjawab, peduli,
percaya diri dalam mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan
fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat.
|
|||||
3.1
Menerapkan aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
dan waktu dalam mewujudkan kesatuan wilayah Nusantara yang mencakup perubahan
dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik).
4.1
Menyajikan hasil olahan telaah aspek
keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam mewujudkan kesatuan
wilayah Nusantara yang mencakup perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).
|
Upaya
mempertahankan kemerdekaan dan membangun NKRI
1)
Perang Dunia II
2)
Usaha perjuangan mempertahankan
kemerdekaan NKRI
3)
Peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi pasca pengakuan
kedaulatan
4)
Pembangunan berkelanjutan
5)
Sistem ekonomi
Indonesia
|
Mengamati:
·
Membaca buku teks/ensiklopedi geografi dan mengamati
tayangan film tentang perang dunia II, usaha perjuangan mempertahankan
kemerdekaan NKRI, peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi pasca pengakuan
kedaulatan.
·
Membaca buku teks/ensiklopedi/referensi lain yang
relevan dan mengamati lingkungan sekitar tentang konsep dan pelaksanaan
pembangunan berkelanjutan, serta sistem ekonomi Indonesia.
Mempertanyakan
tentang:
·
Mengapa,
kapan, dimana, bagaimana
terjjadinya Perang Dunia II?
·
Apa saja perjuangan yang dilakukan rakyat Indonesia
untuk mempertahankan kemerdekaan NKRI?
·
Peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi apa saja yang
terjadi pasca pengakuan kedaulatan NKRI?
·
Pembangunan berkelanjutan
·
Macam-macam sistem ekonomi dan sistem ekonomi Indonesia.
Mengeksplorasi:
Mengumpulkan data dan informasi lanjutan terkait dengan hasil pengamatan dan
pertanyaan tentang materi yang dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan maupun
browsing internet.
Mengasosiasikan:
Menganalisis informasi
dan data yang didapat baik dari bacaan
maupun dari sumber-sumber terkait
untuk mendapatkan kesimpulan
mengapa terjadi kerjasama Internasional, apa manfaatnya dan bentuk serta
bidangny apa saja.
Mengomunikasikan:
Melaporkan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang
peran dan manfaat bagi Indonesia dalam membina kerjasama Internasional
melalui kegiatan presentasi di depan kelas, tulisan dalam bentuk makalah atau
tulisan di majalah dinding sekolah.
|
Observasi:
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/ komunikasi).
Tugas:
Membuat resume macam-macam
sistem ekonomi di dunia dalam bentuk tabel
Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat
peserta didik.
Tes tertulis/lisan: Menilai kemampuan memahami konsep
|
8 mg x 4 jp
|
·
Buku paket
·
Buku-buku penunjang
|
3.2
Menelaah perubahan masyarakat Indonesia dari masa
pergerakan kemerdekaan sampai dengan awal reformasi dalam aspek geografis, ekonomi,
budaya, pendidikan dan politik dalam wawasan kebangsaan.
4.2
Menyajikan hasil olahan telaah tentang hasil-hasil
kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa pergerakan kemerdekaan
sampai sekarang dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
Dinamika
Masyarakat Indonesia dari Masa Kemerdekaan hingga Reformasi
|
Mengamati:
Membaca buku teks tentang dinamika masyarakat indonesia dari masa
kemerdekaan hingga reformasi meliputi upaya-upaya mengatasi rongrongan
internal dan eksternal daam mempertahankan kemerdekaan serta situasi politik
dan ekonomi pasca pengakuan kedaulatan hingga reformasi.
Mempertanyakan;
Bertanya dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang
bagaimana bangsa Indonesia menghadapi rongrongan internal dan eksternal untuk
mempertahankan kemerdekaan serta situasi politik dan ekonomi pasca pengakuan
kedaulatan hingga reformasi.
Mengumpulkan:
Mengumpulkan data dan informasi lanjutan terkait dengan hasil pengamatan dan
pertanyaan tentang materi yang dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan, wawancara
dengan nara sumber yang masih hidup di lingkungannya, mengunjungi museum
perjuangan yang ada di daerahnya,
maupun browsing internet.
Mengasosiasikan:
Menganalisis
informasi dan data-data yang didapat
baik dari bacaan maupun dari
sumber-sumber terkait untuk mendapatkan kesimpulan tentang upaya bangsa Indonesia
menghadapi rongrongan internal dan eksternal dalam mempertahankan kemerdekaan
serta situasi politik dan ekonomi pasca pengakuan kedaulatan hingga
reformasi.
Mengomunikasikan:
Melaporkan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang
upaya bangsa Indonesia menghadapi rongrongan internal dan eksternal dalam
mempertahankan kemerdekaan serta situasi politik dan ekonomi pasca pengakuan
kedaulatan hingga reformasi melalui kegiatan presentasi di depan kelas,
tulisan dalam bentuk makalah atau tulisan di majalah dinding sekolah.
|
Observasi:
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/ komunikasi).
Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat
peserta didik.
Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami
konsep.
|
10 mg x 4 jp
|
·
Buku paket
·
Buku-buku penunjang
|
3.3
Membandingkan manfaat kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi dan politik dalam masyarakat
bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.
4.3
Merumuskan alternatif
tindakan nyata dalam mengatasi masalah yang kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi dan politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
Pranata
Sosial dan Tatanan Sosial Masyarakat Indonesia
|
Mengamati:
Membaca buku teks tentang pranata sosial masyarakat indonesia
meliputi pengertian, jenis dan fungsi serta penyimpangan sosial dan upaya
mengatasinya serta pranata khas masyarakat indonesia dan tatanan sosial
masyarakat indonesia meliputi struktur sosial dan fungsi stratifikasi dalam
masyarakat, kesetaraan etnis dalam masyarakat indonesia yang majemuk serta
pengertian, bentuk dan media mobilitas sosial vertikal.
Mempertanyakan:
Bertanya dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang
pranata sosial masyarakat indonesia meliputi pengertian, jenis dan fungsi
serta penyimpangan sosial dan upaya mengatasinya serta pranata khas
masyarakat indonesia dan tatanan sosial masyarakat indonesia meliputi
struktur sosial dan fungsi stratifikasi dalam masyarakat, kesetaraan etnis
dalam masyarakat indonesia yang majemuk serta pengertian, bentuk dan media
mobilitas sosial vertikal.
Mengumpulkan:
Mengumpulkan data dan informasi lanjutan terkait dengan hasil pengamatan dan
pertanyaan tentang materi yang dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan,
pengamatan langsung obyek pembelajaran misalnya mencatat data pelanggaran di
jalan raya atau tempat lainnya yang sesuai dengan lingkungan belajar peserta
didik, maupun browsing
internet.
Mengasosiasikan:
Menganalisis informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait
untuk mendapatkan kesimpulan
tentang pranata sosial masyarakat indonesia meliputi pengertian, jenis dan
fungsi serta penyimpangan sosial dan upaya mengatasinya serta pranata khas
masyarakat indonesia dan tatanan sosial masyarakat indonesia meliputi
struktur sosial dan fungsi stratifikasi dalam masyarakat, kesetaraan etnis
dalam masyarakat indonesia yang majemuk serta pengertian, bentuk dan media
mobilitas sosial vertikal.
Mengomunikasikan:
Melaporkan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang
pranata sosial masyarakat indonesia meliputi pengertian, jenis dan fungsi
serta penyimpangan sosial dan upaya mengatasinya serta pranata khas
masyarakat indonesia dan tatanan sosial masyarakat indonesia meliputi
struktur sosial dan fungsi stratifikasi dalam masyarakat, kesetaraan etnis
dalam masyarakat indonesia yang majemuk serta pengertian, bentuk dan media
mobilitas sosial vertikal melalui
kegiatan presentasi di depan kelas, tulisan dalam bentuk makalah atau tulisan
di majalah dinding sekolah.
|
Observasi:
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/ komunikasi).
Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat
peserta didik.
Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami
konsep.
|
6 mg x 4 jp
|
·
Buku paket
·
Buku-buku penunjang
|
3.4
Membandingkan
landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi.
4.4
Merumuskan
alternatif tindakan nyata dan
melaksanakannya sebagai bentuk partisipasi dalam mengatasi masalah lingkungan
alam, sosial, budaya, dan ekonomi sebagai akibat adanya dinamika interaksi
manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
Dinamika Interaksi
Sosial Manusia dengan Lingkungannya dalam Konteks Pembangunan di Indonesia
|
Mengamati:
Membaca buku teks tentang dinamika interaksi sosial manusia dengan
lingkungannya dalam konteks pembangunan di indonesia meliputi bentuk dan
jenis interaksi manusia dengan lingkungan sosialnya, interaksi sosial sebagai
proses pembentukan kepribadian, pasar sebagai wadah interaksi sosial di
bidang ekonomi serta interaksi manusia dengan lingkungannya dalam kegiatan
pembangunan dan permasalahannya.
Mempertanyakan:
Bertanya dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang
dinamika interaksi sosial manusia dengan lingkungannya dalam konteks
pembangunan di indonesia meliputi bentuk dan jenis interaksi manusia dengan
lingkungan sosialnya, interaksi sosial sebagai proses pembentukan
kepribadian, pasar sebagai wadah interaksi sosial dibidang ekonomi serta
interaksi manusia dengan lingkungannya dalam kegiatan pembangunan dan
permasalahannya.
Mengumpulkan:
Mengumpulkan data dan informasi lanjutan terkait dengan hasil pengamatan dan
pertanyaan tentang materi yang dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan,
pengamatan langsung ke obyek misalnya lingkungan yang rusak sebagai dampak
negatif kegiatan pembangunan maupun browsing
internet.
Mengasosiasikan:
Menganalisis informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait
untuk mendapatkan kesimpulan
tentang dinamika interaksi sosial manusia dengan lingkungannya dalam konteks
pembangunan di indonesia meliputi bentuk dan jenis interaksi manusia dengan
lingkungan sosialnya, interaksi sosial sebagai proses pembentukan
kepribadian, pasar sebagai wadah interaksi sosial di bidang ekonomi serta
interaksi manusia dengan lingkungannya dalam kegiatan pembangunan dan
permasalahannya.
Mengomunikasikan:
Melaporkan hasil analisis
dalam bentuk tulisan tentang dinamika interaksi sosial manusia dengan
lingkungannya dalam konteks pembangunan di indonesia meliputi bentuk dan
jenis interaksi manusia dengan lingkungan sosialnya, interaksi sosial sebagai
proses pembentukan kepribadian, pasar sebagai wadah interaksi sosial di
bidang ekonomi serta interaksi manusia dengan lingkungannya dalam kegiatan
pembangunan dan permasalahannya melalui kegiatan presentasi di depan kelas,
tulisan dalam bentuk makalah atau tulisan di majalah dinding sekolah.
|
Observasi:
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi).
Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat
peserta didik.
Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami
konsep.
|
7 mg x 4 jp
|
·
Buku paket
·
Buku-buku penunjang
|