Kamis, 31 Juli 2014

SILABUS IPS SMP KELAS 7 dan 8 GASAL

SILABUS
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Satuan Pendidikan         : SMP
Kelas                             :  VII
Kompetensi Inti            :
KI 1    :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2    :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan  
             lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3    :  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
             kejadian tampak mata
KI 4    :  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
             menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

1.1       Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala  perubahannya.

1.2       Menghargai ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat.

1.3       Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.






2.1    Meniru perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri
2.2    sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa hindu Buddha dan Islam dalam kehidupannya sekarang.

2.3    Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggungjawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik.

2.4    Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan  interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya.






3.1       Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).

4.1       Menyajikan hasil telaah aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).

Kepulauan Indonesia
1)     Proses  terbentuknya kepulauan Indonesia
2)     Letak wilayah Indonesia
3)     Keadaan alam Indonesia
4)     Potensi sumberdaya alam daratan dan perairan Indonesia.
5)     Pengaruh kondisi geografis terhadap kehidupan manusia (sosial, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik).
6)     Pengaruh perubahan berbagai aspek kehidupan terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, geografi,  pendidikan, dan politik di masyarakat.
Mengamati:
·       Membaca buku tentang proses terbentuknya kepulauan Indonesia.
·       Mengamati Peta Indonesia, lingkungan alam, dan masyarakat sekitar , membaca buku paket /ensiklopedia Indonesia tentang letak wilayah, keadaan alam,  potensi sumberdaya alam Indonesia, pengaruh kondisi geografis terhadap kehidupan manusia (sosial, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik) dan pengaruh perubahan berbagai aspek terhadap kondisi ekonomi, sosial, budaya, geografi, pendidikan, politik, dll.

Mempertanyakan tentang:
·       Bagaimana proses terbentuknya kepulauan Indonesia.
·       Apa pengaruh kondisi geografis terhadap kehidupan manusia (sosial, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik)
·       Apa pengaruh perubahan berbagai aspek kehidupan terhadap kondisi ekonomi, sosial, budaya, geografi, pendidikan, politik, dll.

Mengumpulkan:
Mengumpulkan data dan informasi lanjutan  terkait dengan hasil pengamatan dan pertanyaan tentang materi yang dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan dan berbagai media cetak/elektronik.

Mengasosiasikan:
Menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  untuk mendapatkan  kesimpulan letak wilayah, keadaan alam,  potensi sumberdaya alam Indonesia,  pengaruh kondisi geografis terhadap kehidupan manusia (sosial, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik), dan pengaruhnya terhadap kondisi ekonomi, sosial, budaya, geografi, pendidikan, politik, dll.

Mengomunikasikan:
Melaporkan  hasil analisis tentang letak wilayah, keadaan alam,  serta potensi sumberdaya alam Indonesia ,  pengaruh kondisi geografis terhadap kehidupan manusia (sosial, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik), dan pengaruhnya terhadap kondisi ekonomi, sosial, budaya, geografi, pendidikan, politik, dll.  melalui kegiatan presentasi di depan kelas, tulisan dalam bentuk makalah atau tulisan di majalah dinding sekolah.

Tugas Individu
Membuat Peta Indonesia/ Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia/ Peta hasil tambang Indonesia/Peta Iklim Indonesia/dll.

Tugas kelompok
Membuat klipping tentang pengaruh perubahan berbagai aspek kehidupan terhadap kondisi ekonomi, sosial, budaya, geografi, pendidikan, politik, dll.

Observasi
Menilai kegiatan peserta didik selama proses pembelajaran (pada saat melakukan pengamatan, berdiskusi, presentasi).

Portofolio
Menilai tugas-tugas/ laporan yang dibuat peserta didik.

Tes (tulis/lisan)
Untuk menilai kemampuan peserta didik dalam memahami konsep.

10 mg x 4 jp

·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Buku IPS untuk SMP/Mts kls VII BSE
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elektronik
·     Lingkungan sekitar
3.2       Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik.

4.2       Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran  masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.

Asal-Usul Bangsa Indonesia
1)       Pola kehidupan dan kebudayaan  pada masa pra aksara.
2)       Perkembangan dan proses masuknya  pengaruh Hindu, Buddha, dan Islam di Indonesia,  serta berbagai peninggalannya.
3)       Perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu, Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik.

Mengamati:
·      Membaca buku, mengamati gambar/peta tentang pola kehidupan dan kebudayaan pada masa pra aksara.
·      Membaca buku, mengamati gambar/peta tentang perkembangan, proses masuknya, dan pengaruh Hindu, Buddha, dan Islam di Indonesia,  serta berbagai peninggalannya.

Mempertanyakan tentang:
·      Bagaimana pola kehidupan dan kebudayaan  pada masa praaksara.
·      Bagaimana perkembangan dan proses masuknya  pengaruh Hindu, Buddha, dan Islam di Indonesia.
·      Apa saja peninggalan kerajaan Hindu, Buddha,  dan Islam di Indonesia.
·      Perubahan apa saja yang terjadi pada masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik.


Mengumpulkan:
·      Mengamati gambar pada klipping yang telah dibuat peserta didik tentang berbagai kebudayaan pada masa pra aksara, peninggalan-peninggalan kerajaan Hindu, Buddha,  dan Islam di Indonesia.
·      Mengamati peta penyebaran agama Hindu, Buddha, dan islam di Indonesia.
·      Mengamati peta  persebaran berbagai peninggalan kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam di Indonesia.
·      Mengidentifikasi hasil-hasil kebudayaan dan fikiran  masyarakat Indonesia pada masa pra aksara, masa Hindu Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.

Mengasosiasikan:
·       Mendiskusikan hasil-hasil kebudayaan dan fikiran  masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu, Buddha, dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.


Mengomunikasikan:
·       Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
·       Memajang klipping di perpustakaan.

Tugas Individu
Membuat Peta Indonesia/ Peta Persebaran Flora dan Fauna Di Indonesia/ Peta Hasil Tambang Indonesia/Peta Iklim Indonesia/dll.

Tugas kelompok
Membuat klipping berbagai kebudayaan pada masa pra aksara, peninggalan-peninggalan kerajaan Hindu-Buddha,  dan Islam di Indonesia.

Observasi
Menilai kegiatan peserta didik selama proses pembelajaran (pada saat melakukan pengamatan, berdiskusi, presentasi).

Portofolio
Menilai tugas-tugas/laporan yang dibuat peserta didik.

Tes (tulis/lisan)
Untuk menilai kemampuan peserta didik dalam memahami konsep.

7 mg x 4 jp
·    Atlas Sejarah Indonesia
·    Buku IPS untuk SMP/MTs kls VII BSE
·    Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·    Media cetak/elektronik
·    Gambar-gambar peninggalan pada masa pra aksara, kerajaan  Hindu,  Buddha, dan Islam.

3.3       Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat.
4.3       Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar.

Kelembagaan Sosial
1)       Pengertian kelembagaan sosial.
2)       Ciri-ciri kelembagaan sosial.
3)       Jenis-jenis kelembagaan sosial (sosial, budaya, ekonomi dan politik).


Mengamati:
Mengamati lingkungan masyarakat sekitar, membaca buku paket/ ensiklopedia Indonesia, tentang pengertian dan jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat.

Mempertanyakan tentang:
Kelembagaan sosial apa saja yang ada di masyarakat ?

Mengumpulkan:
Mengamati lingkungan sekitar, membaca buku teks/referensi maupun  browsing internet untuk mendapatkan informasi lanjutan  tentang jenis-jenis kelembagaan sosial.

Mengasosiasikan:
Menganalisis  informasi dan data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  untuk mendapatkan  kesimpulan.

Mengomunikasikan:
Melaporkan  hasil analisis tentang jenis-jenis kelembagaan sosial melalui kegiatan presentasi di depan kelas, tulisan dalam bentuk makalah atau tulisan di majalah dinding sekolah.

Tugas individu:
Membuat peta konsep tentang jenis-jenis kelembagaan sosial.
Observasi:
Menilai kegiatan peserta didik selama proses pembelajaran (pada saat melakukan pengamatan, berdiskusi, presentasi).

Portofolio:
Menilai tugas-tugas/laporan yang dibuat peserta didik.

Tes (tulis/lisan):
Untuk menilai kemampuan peserta didik dalam memahami konsep.

6 mg  x 4 jp

·     Buku IPS untuk SMP/MTs kls VII BSE
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Internet
·     Media cetak/elektronik
·     Lingkungan sekitar.
3.4       Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

4.4       Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk  dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.

Dinamika Interaksi Manusia

1)       Pengertian dinamika interaksi manusia dengan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
2)       Bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

Mengamati :
Mengamati Peta Indonesia, lingkungan alam dan masyarakat sekitar, membaca buku paket/ensiklopedia Indonesia, tentang  pengertian dan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

Mempertanyakan tentang:
Contoh bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi yang ada di masyarakat.

Mengumpulkan data:
Mengamati lingkungan sekitar, membaca buku teks/referensi maupun  browsing internet untuk menemukan contoh bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi yang ada di masyarakat sekitar.

Mengasosiasikan:
Menganalisis  data yang didapat    untuk mendapatkan  kesimpulan.

Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil di depan kelas, tulisan dalam bentuk makalah atau tulisan di majalah dinding sekolah.

Tugas Kelompok:
Membuat Peta Kepadatan Penduduk Indonesia berdasarkan data dari BPS.

Observasi:
Menilai kegiatan peserta didik selama proses pembelajaran (pada saat melakukan pengamatan, berdiskusi, presentasi).

Portofolio:
Menilai tugas-tugas/laporan yang dibuat peserta didik.

Tes (tulis/lisan):
Untuk menilai kemampuan peserta didik dalam memahami konsep.

12 mg x 4 jp

·     Peta Indonesia
·     Peta Sejarah
·     Atlas Indonesia
·     Buku IPS untuk SMP/MTs kls VII BSE
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elektronik
·     Lingkungan sekitar.














SILABUS
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN  SOSIAL

Satuan Pendidikan         :  SMP
Kelas                            :   VIII
Kompetensi Inti
KI 1    :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2    :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan  
             lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3    :  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
             terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI  4   :  Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
             menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Instrumen Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1       Menghayati karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2       Menghayati ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat.
1.3       Menghayati karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.





2.1       Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan dan gerakan kebangsaan dalam menumbuhkan rasa kebangsaan.
2.2       Berperilaku jujur, sopan, estetikadan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik.
2.3       Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi penanggulangan permasalahan lingkungan hidup.
3.1       Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik).
4.1    Menyajikan hasil telaah aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik) di lingkungan sekitar.



Permasalahan kependudukan, lingkungan, dan dampaknya terhadap pembangunan nasional.
1)       Permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup
2)       Dampak  permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup terhadap pembangunan  nasional
3)       Cara mencegah dan  mengatasi permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup
Mengamati:
Membaca dan menyimak buku teks tentang permasalahan kependudukan dan lingkungan, dampaknya  terhadap pembangunan  nasional, dan cara mencegah serta mengatasinya  (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik).

Mempertanyakan:
Berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang permasalahan kependudukan, lingkungan, dan dampaknya terhadap pembangunan nasional perubahan  dan  keberlanjutan  kehidupan  manusia ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik).

Mengumpulkan:
Mengumpulkan data terkait dengan pertanyaan dan materi yang dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan yang relevan maupun  browsing internet.

Mengasosiasikan:
Menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  untuk mendapatkan  kesimpulan bagaimana  mempelajari perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).

Mengomunikasikan:
Mengkomunikasikan hasil konseptualisasi dalam bentuk lisan dan tulisan tentang permasalahan kependudukan, lingkungan, dan dampaknya terhadap pembangunan nasional dalam mempelajari perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).

Observasi:
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi)

Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.

Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.

.




8 mg x 4 jp

·    Buku IPS untuk SMP/Mts kls VIII BSE
·    Buku IPS untuk Kls VIII SMP Grafindo
·    Buku Panduan pendidik IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kls VIII  JP BOOKS
·    Referensi lain yang sesuai.
·    Media cetak/ elektronik
3.2     Mendeskripsikan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik.
4.2       Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.


Proses terbentuknya NKRI
1.       Pengaruh kolonialisme dan
2.       bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan geografi.
3.       Terbentuknya kesadaran nasional.
4.       Zaman pendudukan Jepang di Indonesia.
5.       Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI.


Mengamati:
Membaca buku teks tentang pengaruh kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia, perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik, serta  terbentuknya kesadaran nasional, usaha mempersiapkan kemerdekaan.

Mempertanyakan:
Bertanya dan berdiskusi  tentang perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik, serta peristiwa proklamasi kemerdekaan.

Mengumpulkan:
Mengumpulkan data terkait dengan pertanyaan dan materi yang dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan yang relevan maupun  browsing internet.

Mengasosiasikan:
Menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  untuk mendapatkan  kesimpulan bagaimana  perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik.

Mengomunikasikan:
Mengkomunikasikan hasil konseptualisasi dalam bentuk lisan dan tulisan tentang perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik.

Observasi:
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi).

Portofolio
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.

Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.


8 mg x 4 jp

·    Buku IPS untuk SMP/Mts kls VIII BSE
·    Buku IPS untuk Kls VIII SMP Grafindo
·    Buku Panduan pendidik IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kls VIII  JP BOOKS
·    Referensi lain yang sesuai.
·    Media cetak/ elektronik
3.3.      Mendiskripsikan fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat.
4.3.      Menggunakan berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar.

Penyimpangan Sosial
1)       Pengertian penyimpangan sosial
2)       Jenis penyimpangan sosial
3)       Faktor-faktor penyebab timbulnya penyimpangan sosial
4)       Peranan dan fungsi kelembagaan sosial di masyarakat (sosial, budaya, ekonomi dan politik)
5)       Strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi dan  peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar




Mengamati:
·       Membaca buku teks dan/referensi lain tentang pengertian, jenis, faktor-faktor penyebab timbulnya penyimpangan sosial, dan fungsi serta peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat.
·       Mengamati lingkungan sekitar tentang jenis, faktor-faktor penyebab timbulnya penyimpangan sosial, dan fungsi serta peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat.

Mempertanyakan tentang:
·       Apa fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat?

·       Strategi apa saja yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi dan  peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar?

Mengumpulkan:
Mengumpulkan data  tentang fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat dan berbagai strategi apa saja yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi dan  peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar dengan membaca buku teks, dll. yang relevan maupun dengan melakukan browsing internet.

Mengasosiasikan:
Menganalisis  informasi dan data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  untuk mendapatkan kesimpulan.

Mengomunikasikan:
Mengkomunikasikan hasil konseptualisasi tentang fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat dan berbagai strategi apa saja yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi dan  peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat dalam bentuk lisan dan tulisan.


Tugas kelompok:
Membuat klipping tentang jenis-jenis penyimpangan sosial di masyarakat, kemudian menganalisis faktor-penyebab timbulnya, dan peran kelembagaan sosial dalam mengatasinya.

Observasi:
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi).

Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.

Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.

9 mg x 4 jp

·    Buku IPS untuk SMP/MTs kls VIII BSE
·    Buku IPS untuk Kls VIII SMP Grafindo
·    Buku Panduan pendidik IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kls VIII  JP BOOKS
·    Referensi lain yang sesuai.
·    Media cetak/ elektronik
3.4.      Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.4.   Menyajikan hasil pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
Interaksi  Manusia  dengan Lingkungan Alam, Sosial, Budaya, dan Ekonomi.
1)       Bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, dan ekonomi
2)       Permasalahan yang timbul akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, dan ekonomi
3)       Faktor penyebab timbulnya permasalahan akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, dan ekonomi
4)       Cara mencegah dan mengatasi permasalahan yang timbul akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, dan ekonomi
Mengamati:
Membaca buku teks dan/referensi lain yang relevan tentang  bentuk-bentuk interaksi  manusia  dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi, permasalahan yang timbul, faktor penyebab timbulnya permasalahan, cara pencegahan, dan cara mengatasinya.

Mempertanyakan tentang:  
·       Apa saja permasalahan yang timbul akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, dan ekonomi.
·       Faktor penyebab timbulnya permasalahan akibat interaksi  manusia  dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi, cara pencegahan, dan mengatasinya.

Mengumpulkan:
Mencari informasi dari lingkungan sekitar/media cetak/elektronik tentang berbagai masalah yang timbul di lingkungan sekitar akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi, menganalisis faktor penyebab timbulnya, cara mencegah dan mengatasinya.

Mengasosiasikan:
Berdiskusi untuk menganalisis berbagai masalah yang timbul di lingkungan sekitar akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi, menganalisis faktor penyebab timbulnya, cara mencegah dan mengatasinya.

Mengomunikasikan:
Mengkomunikasikan hasil konseptualisasi tentang interaksi  manusia  dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam bentuk lisan dan tulisan.

Tugas kelompok:
Mencari informasi dari lingkungan sekitar/media cetak/elektronik tentang masalah yang timbul di lingkungan sekitar akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi, menganalisis faktor penyebab timbulnya, cara mencegah dan mengatasinya.

Observasi:
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi).

Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.

Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.

10 mg x 4 jp


·    Buku IPS untuk SMP/Mts kls VIII BSE
·    Buku IPS untuk Kls VIII SMP Grafindo
·    Buku Panduan pendidik IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kls VIII  JP BOOKS
·    Referensi lain yang sesuai.
·    Media cetak/ elektronik
























SILABUS
 MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Satuan Pendidikan         : SMP
Kelas                            : IX (Sembilan)
Kompetensi Inti:
 KI 1   :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
 KI 2   :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
              secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
 KI 3   :  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
             teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
 KI 4   :  Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
              (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
              sudut pandang/teori.


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1       Mensyukuri karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik.
1.2       Mensyukuri adanya kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat yang mengatur kehidupan manusia dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia.
Mensyukuri karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.






2.1       Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme.
2.2       Memiliki kepedulian dan penghargaan terhadaplembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik.
Memiliki rasa tanggungjawab, peduli, percaya diri dalam mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat.






3.1       Menerapkan aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam mewujudkan kesatuan wilayah Nusantara yang mencakup perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).

4.1       Menyajikan hasil olahan telaah aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam mewujudkan kesatuan wilayah Nusantara yang mencakup perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).

Upaya mempertahankan kemerdekaan dan membangun NKRI

1)     Perang Dunia II
2)     Usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan NKRI
3)     Peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi pasca pengakuan kedaulatan
4)     Pembangunan berkelanjutan
5)     Sistem ekonomi  Indonesia

Mengamati:
·       Membaca buku teks/ensiklopedi geografi dan mengamati tayangan film tentang perang dunia II, usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan NKRI, peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi pasca pengakuan kedaulatan.
·       Membaca buku teks/ensiklopedi/referensi lain yang relevan dan mengamati lingkungan sekitar tentang konsep dan pelaksanaan pembangunan berkelanjutan, serta sistem ekonomi Indonesia.

Mempertanyakan tentang:
·         Mengapa,  kapan,  dimana, bagaimana terjjadinya Perang Dunia II?
·         Apa saja perjuangan yang dilakukan rakyat Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan NKRI?
·         Peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi apa saja yang terjadi pasca pengakuan kedaulatan NKRI?
·         Pembangunan berkelanjutan
·         Macam-macam sistem ekonomi dan sistem ekonomi Indonesia.

Mengeksplorasi:
Mengumpulkan data dan informasi lanjutan  terkait dengan hasil pengamatan dan pertanyaan tentang materi yang dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan  maupun  browsing internet.

Mengasosiasikan:
Menganalisis  informasi dan data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  untuk mendapatkan  kesimpulan mengapa terjadi kerjasama Internasional, apa manfaatnya dan bentuk serta bidangny apa saja.

Mengomunikasikan:
Melaporkan  hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang peran dan manfaat bagi Indonesia dalam membina kerjasama Internasional melalui kegiatan presentasi di depan kelas, tulisan dalam bentuk makalah atau tulisan di majalah dinding sekolah.

Observasi:
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/ komunikasi).

Tugas:
Membuat resume macam-macam sistem ekonomi di dunia dalam bentuk tabel

Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.

Tes tertulis/lisan: Menilai kemampuan memahami konsep
8 mg x 4 jp

·       Buku paket
·       Buku-buku penunjang
3.2       Menelaah perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan sampai dengan awal reformasi dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik dalam wawasan kebangsaan.

4.2       Menyajikan hasil olahan telaah tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa pergerakan kemerdekaan sampai sekarang dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dinamika Masyarakat Indonesia dari Masa Kemerdekaan hingga Reformasi

Mengamati:
Membaca buku teks tentang  dinamika masyarakat indonesia dari masa kemerdekaan hingga reformasi meliputi upaya-upaya mengatasi rongrongan internal dan eksternal daam mempertahankan kemerdekaan serta situasi politik dan ekonomi pasca pengakuan kedaulatan hingga reformasi.

Mempertanyakan;
Bertanya dan berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang bagaimana bangsa Indonesia menghadapi rongrongan internal dan eksternal untuk mempertahankan kemerdekaan serta situasi politik dan ekonomi pasca pengakuan kedaulatan hingga reformasi.

Mengumpulkan:
Mengumpulkan data dan informasi lanjutan  terkait dengan hasil pengamatan dan pertanyaan tentang materi yang dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan, wawancara dengan nara sumber yang masih hidup di lingkungannya, mengunjungi museum perjuangan yang ada di daerahnya,  maupun  browsing internet.

Mengasosiasikan:
Menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  untuk mendapatkan  kesimpulan tentang upaya bangsa Indonesia menghadapi rongrongan internal dan eksternal dalam mempertahankan kemerdekaan serta situasi politik dan ekonomi pasca pengakuan kedaulatan hingga reformasi.

Mengomunikasikan:
Melaporkan  hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang upaya bangsa Indonesia menghadapi rongrongan internal dan eksternal dalam mempertahankan kemerdekaan serta situasi politik dan ekonomi pasca pengakuan kedaulatan hingga reformasi melalui kegiatan presentasi di depan kelas, tulisan dalam bentuk makalah atau tulisan di majalah dinding sekolah.

Observasi:
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/ komunikasi).

Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.

Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.




10 mg x 4 jp

·       Buku paket
·       Buku-buku penunjang
3.3    Membandingkan manfaat kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

4.3    Merumuskan alternatif  tindakan nyata dalam mengatasi masalah yang kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pranata Sosial dan Tatanan Sosial Masyarakat Indonesia

Mengamati:
Membaca buku teks tentang  pranata sosial masyarakat indonesia meliputi pengertian, jenis dan fungsi serta penyimpangan sosial dan upaya mengatasinya serta pranata khas masyarakat indonesia dan tatanan sosial masyarakat indonesia meliputi struktur sosial dan fungsi stratifikasi dalam masyarakat, kesetaraan etnis dalam masyarakat indonesia yang majemuk serta pengertian, bentuk dan media mobilitas sosial vertikal.  

Mempertanyakan:
Bertanya dan berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang pranata sosial masyarakat indonesia meliputi pengertian, jenis dan fungsi serta penyimpangan sosial dan upaya mengatasinya serta pranata khas masyarakat indonesia dan tatanan sosial masyarakat indonesia meliputi struktur sosial dan fungsi stratifikasi dalam masyarakat, kesetaraan etnis dalam masyarakat indonesia yang majemuk serta pengertian, bentuk dan media mobilitas sosial vertikal. 

Mengumpulkan: 
Mengumpulkan data dan informasi lanjutan  terkait dengan hasil pengamatan dan pertanyaan tentang materi yang dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan, pengamatan langsung obyek pembelajaran misalnya mencatat data pelanggaran di jalan raya atau tempat lainnya yang sesuai dengan lingkungan belajar peserta didik,   maupun  browsing internet.

Mengasosiasikan:
Menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  untuk mendapatkan  kesimpulan tentang pranata sosial masyarakat indonesia meliputi pengertian, jenis dan fungsi serta penyimpangan sosial dan upaya mengatasinya serta pranata khas masyarakat indonesia dan tatanan sosial masyarakat indonesia meliputi struktur sosial dan fungsi stratifikasi dalam masyarakat, kesetaraan etnis dalam masyarakat indonesia yang majemuk serta pengertian, bentuk dan media mobilitas sosial vertikal.

Mengomunikasikan:
Melaporkan  hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang pranata sosial masyarakat indonesia meliputi pengertian, jenis dan fungsi serta penyimpangan sosial dan upaya mengatasinya serta pranata khas masyarakat indonesia dan tatanan sosial masyarakat indonesia meliputi struktur sosial dan fungsi stratifikasi dalam masyarakat, kesetaraan etnis dalam masyarakat indonesia yang majemuk serta pengertian, bentuk dan media mobilitas sosial vertikal   melalui kegiatan presentasi di depan kelas, tulisan dalam bentuk makalah atau tulisan di majalah dinding sekolah.

Observasi:
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/ komunikasi).

Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.

Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.




6 mg x 4 jp

·       Buku paket
·      Buku-buku penunjang

3.4     Membandingkan landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

4.4      Merumuskan alternatif  tindakan nyata dan melaksanakannya sebagai bentuk partisipasi dalam mengatasi masalah lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi sebagai akibat adanya dinamika interaksi manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dinamika Interaksi Sosial Manusia dengan Lingkungannya dalam Konteks Pembangunan di Indonesia



Mengamati:
Membaca buku teks tentang  dinamika interaksi sosial manusia dengan lingkungannya dalam konteks pembangunan di indonesia meliputi bentuk dan jenis interaksi manusia dengan lingkungan sosialnya, interaksi sosial sebagai proses pembentukan kepribadian, pasar sebagai wadah interaksi sosial di bidang ekonomi serta interaksi manusia dengan lingkungannya dalam kegiatan pembangunan dan permasalahannya.    

Mempertanyakan:
Bertanya dan berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang dinamika interaksi sosial manusia dengan lingkungannya dalam konteks pembangunan di indonesia meliputi bentuk dan jenis interaksi manusia dengan lingkungan sosialnya, interaksi sosial sebagai proses pembentukan kepribadian, pasar sebagai wadah interaksi sosial dibidang ekonomi serta interaksi manusia dengan lingkungannya dalam kegiatan pembangunan dan permasalahannya.    

Mengumpulkan:
Mengumpulkan data dan informasi lanjutan  terkait dengan hasil pengamatan dan pertanyaan tentang materi yang dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan, pengamatan langsung ke obyek misalnya lingkungan yang rusak sebagai dampak negatif kegiatan pembangunan  maupun  browsing internet.

Mengasosiasikan:
Menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  untuk mendapatkan  kesimpulan tentang dinamika interaksi sosial manusia dengan lingkungannya dalam konteks pembangunan di indonesia meliputi bentuk dan jenis interaksi manusia dengan lingkungan sosialnya, interaksi sosial sebagai proses pembentukan kepribadian, pasar sebagai wadah interaksi sosial di bidang ekonomi serta interaksi manusia dengan lingkungannya dalam kegiatan pembangunan dan permasalahannya.    

Mengomunikasikan:
Melaporkan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang dinamika interaksi sosial manusia dengan lingkungannya dalam konteks pembangunan di indonesia meliputi bentuk dan jenis interaksi manusia dengan lingkungan sosialnya, interaksi sosial sebagai proses pembentukan kepribadian, pasar sebagai wadah interaksi sosial di bidang ekonomi serta interaksi manusia dengan lingkungannya dalam kegiatan pembangunan dan permasalahannya melalui kegiatan presentasi di depan kelas, tulisan dalam bentuk makalah atau tulisan di majalah dinding sekolah.     
  
Observasi:
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi).

Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.

Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.




7 mg x 4 jp











·       Buku paket
·       Buku-buku penunjang














OH .. SERTIFIKASIKU

TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU

Enaknya menjadi guru sekarang…. Penghasilannya naik 100 persen, karena ada tunjangan sertifikasi. Tetapi … apakah peningkatan penghasilan guru ini berbanding lurus dengan kinerja guru. Nanti dulu….. Ternyata dibalik itu semua tunjangan sertifikasi berdampak negative terhadap keikhlasan guru dalam melaksanakan tugas.

Banyak hari-hari dilewati dengan perbincangan masalah tunjangan sertifikasi. Apalagi kalau tunjangan sertifikasinya tersendat pencairannya, seperti kekurangan dua bulan pada tahun 2012 lalu, walaupun beberapa hari yang lalu sudah keluar.

Hal ini sedikit banyak mempengaruhi semangat kerja para guru. Betapa tidak, guru sekarang lebih banyak memperbincangkan tunjangan sertifikasi dari pada peningkatan kinerja guru.

Guru sekarang masih banyak diributkan tunjangan mereka yang ndak turun2…mikir yang lain kayaknya ogah…apalagi peningkatan kulitas diri dalam kompetensi pendidikan…tambah ogah. Apa yang salah…ya. Mendapatkan tunjangan yang lebih…kok mutu pendidikan di Indonesia tambah merosot. Kayaknya ada pergeseran paradikma seorang guru. Model guru Umar Bakri sudah terkikis…diganti dengan materialistis. Dana sertikfikasi 90 % lebih banyak diperuntukkan kepentingan pribadi/keluarga, sisanya baru diperuntukkan untuk peningkatan mutu…itu kalo ada sisa. Apa betul seperti itu?